Macam – Macam Tanaman Buah di Halaman Rumahku

Macam – Macam Tanaman Buah di Halaman Rumahku : Setelah lelah bekerja akhirnya aku bisa menikmati liburan di pekan ini. Tapi bukan berarti aku harus leha-leha loh, karena ternyata pekerjaan rumahku sudah menunggu. Aku harus beres-beres rumah dan nyuci bajuku yang numpuk dari hari senin. Hufft.. :(. Tapi itu sudah jadi kewajibanku untuk dilakukan, ya….. harus aku kerjakan. Semangaaat.

Kuawali semuanya dari yang paling terlihat oleh umum, yaitu nyapu halaman rumahku, baik depan maupun belakang. Maklum rumahku sangat terbuka jadi mudah terlihat kalo ada yang lewat hhe… setelah selesai menyapu, ku mulai perhatikan setiap sudut rumahku, halaman depan dan halaman belakang, hemmm terasa sejuk dan hijau. Nah baru aku sadar ternyata halaman rumahku cukup banyak ditanami berbagai macam tanaman bunga dan buah. Tapi kali ini aku ceritakan tanaman buah dulu aja yah :).hhe…

Nah Temen-temen penasaran kan, Macam-macam tanaman buah Apa aja sih yang tumbuh di halaman rumahku??? ayo kita tengok bareng-bareng. Tapi  jangan di petik yah,, :)

1. Tanaman Buah Rambutan

SAMSUNG DIGIMAX A403

Pohon rambutan yang tumbuh dihalamanku itu bukan tidak sengaja tumbuh. Memang itu hasil karya orang tuaku, artinya mereka memang sengaja menanamnya. Selain untuk meneduhkan halaman depan rumahku [niatnya] juga untuk konsumsi pastinya. Hehe. Kata mereka nama rambutan yang satu ini adalah Rambutan Binjai. Buahnya manis dan kalau dimakan sedikit mengelupas kulit bijinya. Dan tau gak sih, Februari kemarin kita panen loh, yah tidak terlalu banyak memang, karena pohonnya juga belum tinggi, Paling sekitar 2 – 3 m. tapi cukup untuk satu keluarga. Sekedar info, Di tempatku rambutan biasa kami Sebut Aceh (bahasa sunda).

2. Tanaman Buah Jambu Biji

SAMSUNG DIGIMAX A403Tanaman buah yang satu ini tingginya sudah cukup menjulang, daunnya rindang dahannya juga cukup banyak buahnya apalagi. Tapi aku kurang begitu tau riwayat tanaman buah jambu biji yang tumbuh di halaman belakang rumahku itu seperti apa, entah itu tumbuh sendiri atau memang sengaja ditumbuhkan oleh ibuku. Tapi yang pasti rasanya manis dan enak. Sayangnya tanaman ini tumbuhnya deket banget sama rumah tetangga, daunpun jatuhnya ke halaman rumah mereka. jadi kalo dah meninggi selalu ayahku memangkas dahannya. Nah, Kalo Di desaku, kami biasa menyebut jambu biji itu jambu klutuk (Jawa).

3. Tanaman Buah Jambu Biji Merah

SAMSUNG DIGIMAX A403Pohon Jambu biji merah ini sama dengan pohon rambutan binjai tadi, masih pendek alias tidak tinggi. Tapi dia sudah mampu menumbuhkan buah. Tahun lalu aja kita bisa nikmatin hasilnya. Bener-bener kecil-kecil cabe rawit nih pohon. Awalnya saya pikir itu jambu biji putih sama seperti yang satunya. Tapi ternyata memang beda. Hehe… memang susah cara membedakannya, terutama bagi saya yang tidak paham tentang tumbuhan. Sebelumnya saya pikir tanaman jambu biji merah ini tumbuh sendiri. Eh taunya pas tanya ibuku, beliau yang menanamnya. Cuma sampai detik ini belum bisa aku petik karena masih kecil-kecil buahnya.

4. Tanaman Buah Kedondong

SAMSUNG DIGIMAX A403Pohon kedondong ini tumbuh persis di deket pohon jambu biji merah di belakang rumahku, pohonnya sudah tinggi banget dan Buahnya juga sudah lumayan lebat. Ada sedikit tragedi nih yang menimpa pohonku ini. Minggu kemaren hujan lebat dan angin kenceng banget. Hampir saja pohon itu tumbang. Buahnya pun cukup banyak yang berjatuhan. Tapi beruntung masih bertahan, hanya pohonnya jadi sedikit miring. Kata ibuku yang menanam pohon ini, rasa buah kedondong yang kita punya adalah yang paling manis diantara kedondong-kedondong yang lain. Tandanya Bisa dilihat dari kulitnya yang sangat hijau. Pas aku coba walaupun belum mateng banget, memang manis loh.

5. Tanaman Buah Mangga

SAMSUNG DIGIMAX A403Diantara pohon-pohon yang lain, pohon inilah yang paling lama tumbuh di halaman rumahku. Namanya buah mangga Arumanis [kalau gak salah nulis]. Entah berapa kali kita sudah memanen buah yang satu ini. Setahu aku, buah mangga ini rasanya manis banget kalau sudah mateng dan asem banget kalau masih muda (pakel). Biasanya aku menikmati pakel itu dengan di bikin rujak, jadi ada asem, manis juga pedesnya. Selain itu, bisa juga ditaburi garam saja mampu jadi santapan yang bikin seger di mulut. Coba deh. Hehe. Aku biasanya menyebutnya pelem (bahasa jawa) atau buah (bahasa sunda). Haha..

6. Tanaman Buah Pepaya

SAMSUNG DIGIMAX A403Temen-temen tentu tau dong gimana bentuk Pohon buah pepaya? Pohonnya cukup tinggi, daunnya melebar, satu dahannya hanya ditumbuhi satu daun, dan temen-temen tahu? Pohon ini pun hadir  dihalaman belakang rumahku. Buah ini manis banget bila sudah merah warnanya (matang). Tapi terkadang kita sengaja memetik buah pepaya ini walaupun buahnya masih mentah. Karena memang untuk dijadikan hidangan dengan nasi. Di desaku, kami biasa menyebutnya Gandul (bahasa jawa) atau gedang (bahasa sunda).

7. Tanaman Buah Pisang

SAMSUNG DIGIMAX A403Pohon pisang yang telah tumbuh dihalaman rumahku ada dua macam, yaitu Pisang nangka dan pisang bangkaulu (anggap aja bener nulisnya). Ayahku dulu sengaja menanam pohon ini, karena selain bisa dikonsumsi sendiri bisa juga dijual ke orang-orang. baik dalam bentuk utuh ataupun yang sudah dikreasikan. Sudah lama sekali pohon pisang berdiri dihalaman rumahku, karena memang cara tumbuhnya yang tunas, jadi tidak memerlukan perawatan yang intensif seperti pohon yang tersebut tadi di atas. Pisang itu biasa aku sebut gedang (bahasa jawa) atau cau ( bahasa sunda).

Nah temen-temen sekarang sudah tahu kan tanaman-tanaman buah apa saja yang tumbuh di halaman rumahku. itu baru tanaman buahnya aja loh, tanaman yang lainnya masih banyak. Nanti deh aku bagi lagi. Sekarang aku mau lanjut lagi beres-beres rumahku. Makasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca ceritaku yang satu ini. :) jangan kapok yah mampir ke web yuninurita.com.

By : Yuni Nurita

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>